Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Jumat Bersih di MTs Islamiyah Temayang

Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Temayang secara rutin mengadakan kegiatan Jumat Bersih untuk membersihkan lingkungan Madrasah. Jumat bersih ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali, 

Kegiatan ini diikuti seluruh peserta didik dan didampingi
oleh wali kelas masing masing serta Bpk ibu guru yang lainnya ikut membersihkan, baik di lingkungan Madrasah maupun di kelasnya masing-masing di bawah bimbingan pendidik dan wali kelas. Sebagian peserta didik juga diminta untuk membersihkan ruangan lain yang ada di madrasah. Jumat bersih ini dilakukan secara bersama-sama dan penuh rasa tanggung jawab.

Menurut salah satu pendidik MTs Islamiyah Temayang, Erni Rumini mengungkapkan bahwa, “gerakan jumat bersih merupakan program madrasah untuk membiasakan seluruh warga Madrasah berbudaya hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap jumat mulai pukul 08.00 sampai pukul 09.00 Wib setelah peserta didik melaksanakan Istighosah dan Sholat Dhuha di Masjid Baituraahman Temayang. Dengan lingkungan kelas dan Madrasah bersih diharapkan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan nyaman dan tercipta Madrasah yang sehat,” ungkapnya.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan rutin madrasah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Seluruh warga madrasah diminta partisipasinya untuk mewujudkan madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Dengan keterlibatan semua warga madrasah, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat baik bagi lingkungan madrasah dan lingkungan sekitarnya,” ujar Erni Rukmini.

“Terwujudnya madrasah yang bersih dan nyaman akan memberikan suasana belajar yang kondusif. Dengan pembiasaan hidup bersih di madrasah, diharapkan seluruh warga Madrasah juga dapat menerapkannya di lingkungan masyarakat,” lanjutnya.

Kamad MTs Islamiyah Temayang mengungkapkan rasa terimakasih kepada segenap teman-teman pendidik dan tenaga kependidikan MTs Islamiyah Temayang, atas antusiasnya merawat Madrasah dalam hal melakukan kerja bakti membersikan lingkungan madrasah.

Post A Comment:

0 comments: