Temayang Bojonegoro (Humas) – MTs Islamiyah Temayang memperingati malam nisfu syaban melalui pembacaan surat yasin dan doa bersama di Gedung MTs Islamiyah Temayang, Sabtu Malam Ahad 24 Februari 2024 tadi malam.

Syaban adalah merupakan bulan ke-8 dalam penanggalan hijriah yang memiliki banyak keutamaan, khususnya pada saat Nifsu Syaban.

Ketika Nifsu Syaban tiba, umat Islam dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan ibadah seperti banyak beristigfar, berzikir, qiyamullail, berdoa, berpuasa, bershalawat dan amal ibadah lainnya. Hal ini dilakukan untuk memperoleh pahala dan pengampunan dosa dari Allah SWT ucap HM. Mustaqim selaku Kamad dalam sambutannya.

HM. Mustaqim S.Pd.I

“Malam Nisfu Syaban adalah momen istimewa pada bulan Syaban. Sebab, di malam tersebut, Allah SWT mengampuni segala dosa-dosa hamba-Nya kecuali dosa kemusyrikan dan dosa kemunafikan yang meyebabkan perpecahan. Maka dari itu, malam Nisfu Syaban disebut juga sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan”. Turut hadir pula bapak ibu guru serta sebagian siswa siswi MTs. Islamiyah Temayang.

“Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca istigfar dan memohon ampun kepada Allah atas segala kesalahan yang telah diperbuat. ” Ujar Pak Sholeh dalam mempin sholawat

Acara dimulai setelah pelaksanaan shalat Isya berjamaah masjid dengan diawali beberapa bacaan sholawat dilanjut sambutan kepala madrasah kemudian pembacaan surat yasin tiga kali dan doa kemudian diakhiri dengan pembacaan Mahalul Qiyam oleh Hadrah Rijalussholawat setelah itu makan bersama sebagai wujud menciptakan rasa ikhlas dan rasa terimakasih kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikan.

Waka kesiswaan M. Sholeh yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan “kegiatan ini akan dimasukan sebagai Rutinan jamiyah rijalussholawat dan bertepatan agenda tahunan malam nifsu syaban. Sebab menghidupkan malam Nisfu Sya’ban dengan memperbanyak ibadah merupakan salah satu amaliyah yang perlu dijaga dan dilestarikan”. tak lupa beliau juga berterimakasih kepada Osim MTs. Islamiyah Temayang yang telah menyiapkan acara tersebut.

Penulis :  Ahmad Yudhi

 










Post A Comment:

0 comments: